Bau mulut dapat terjadi karena berbagai alasan. Mulai dari kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga, konsumsi makanan atau minuman tertentu, serta masalah pada mulut seperti gigi berlubang. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang?

Terdapat berbagai cara mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang yang bisa dilakukan. Berikut kami telah merangkumnya untuk Anda.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang?

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, bau mulut akibat gigi berlubang juga bisa berefek pada rasa tidak percaya diri. Jangan khawatir, simak berbagai cara mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang di bawah ini untuk mengembalikan kesehatan mulut dan gigi Anda.

  1. Mengobati gigi berlubang

Cara paling ampuh untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang ialah dengan mengobatinya di klinik gigi. Cara ini ampuh karena gigi berlubang penyebab bau mulut bisa segera diatasi sehingga meminimalisir masalah bau mulut di kemudian hari. Berikut adalah beberapa teknik untuk mengobati gigi berlubang.

Perawatan akar gigi. Teknik ini dilakukan pada gigi berlubang yang parah dan mengalami kerusakan saraf. Caranya dengan membuang jaringan yang membusuk serta merawat akar gigi dan gigi.

Prosedur penambalan gigi. Perawatan ini melibatkan pengisian rongga dengan bahan khusus seperti resin komposit, porselen atau amalgam.

Prosedur pencabutan gigi. Jika gigi berlubang sudah dalam stadium yang parah dan tidak dapat diobati, maka dokter akan melakukan pencabutan gigi.

  1. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Rutin menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan cara alami menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang yang mudah dilakukan. Jika jarang dilakukan, kuman bisa mudah berkembang kemudian memperparah bau mulut. Selain sikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan.

Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang, berkumur dengan larutan antiseptik dan tidak lupa membersihkan lidah juga merupakan kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi yang baik untuk mencegah bau mulut.

  1. Mencukupi kebutuhan air

Cara berikutnya ialah dengan bahan alami ialah dengan memenuhi kebutuhan air putih setiap hari. Air minum dapat membantu membersihkan mulut dari sisa kotoran yang terselip dan menjaganya tetap lembab. Selain itu, rutin mengonsumsi air membantu mencegah zat asam mengikis permukaan gigi.

  1. Kurangi minum kopi dan alkohol

Kebiasaan minum kopi oleh sebagian orang bertujuan untuk memberikan semangat dan mengurangi rasa kantuk. Namun, ada baiknya mengurangi kafein sebagai cara menghilangkan bau mulut. Hal ini karena kandungan sulfur pada kopi justru menimbulkan bau tidak sedap pada mulut Anda.

Anda juga harus hindari mengkonsumsi alkohol, sebab mengandung bakteri jahat yang bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu, alkohol memiliki kadar asam yang tinggi maka bisa memicu asam lambung naik ke tenggorokan dan menimbulkan bau tak sedap di mulut.

  1. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Apakah Anda suka makan petai, bawang putih, jengkol, bawang merah, makanan yang terlalu manis atau terlalu asin? Bisa jadi hal tersebut menjadi penyebab bau mulut karena gigi berlubang yang Anda alami.

Mengurangi konsumsi makanan tersebut bisa Anda lakukan sebagai cara alami menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Jika Anda merasa kesulitan pada awalnya, Anda dapat membersihkan gigi dan mulut 30 menit setelah mengkonsumsinya untuk menghilangkan efek bau tersebut. Itulah beberapa tips cara menghilangkan baut mulut karena gigi berlubang, semoga artikel ini bermanfaat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *