Gaya

Anda Ingin Berhenti Merokok? Coba Konsumsi 2 Obat Ini

Merokok merupakan salah satu kebiasaan sulit untuk tidak dilakukan apabila sudah kecanduan. Namun, ada obat baru yang dipercaya dapat mengatasi kecanduan merokok serta membantu seseorang untuk berhenti merokok. Kedua obat itu adalah varenicline dan bupropion.

Varenicline digunakan bersama dengan edukasi dan konseling untuk membantu orang berhenti merokok. Varenicline termasuk dalam kelas obat yang disebut alat bantu berhenti merokok. Mengutip dari Medilineplus.goc, obat ini bekerja dengan cara menghalangi efek menyenangkan nikotin (dari merokok) pada otak.

Varenicline hadir dalam bentuk tablet untuk diminum. Biasanya saat pertama kali mencoba, obat ini diminum sekali sehari, kemudian dua kali sehari di pagi dan sore hari. Ikuti petunjuk pada label resep Anda dengan hati-hati, dan mintalah dokter atau apoteker Anda agar obat ini bekerja secara efektif.

Sedangkan bupropion adalah obat antidepresan yang bekerja di otak. Obat ini digunakan untuk pengobatan gangguan depresi mayor (MDD), gangguan afektif musiman (SAD), dan untuk membantu orang berhenti merokok. Mengutip dari Nami.orgm, jika Anda menggunakan bupropion untuk SAD atau berhenti merokok, lama perawatan mungkin akan lebih pendek.

Efek samping dari obat ini yaitu sakit kepala, penurunan berat badan, mulut kering, sulit tidur (insomnia), mual, pusing, sembelit, detak jantung cepat, dan sakit tenggorokan. Efek ini akan membaik selama satu atau dua minggu pertama apabila Anda terus mengonsumsinya.

Namun untuk mendapatkan obat ini Anda memerlukan memerlukan resep dari penyedia layanan kesehatan yang meresepkan bupropion. Seperti yang tertera dalam Cdc.goc, konsumsi obat ini persis seperti yang diarahkan oleh penyedia layanan kesehatan Anda.

Mana yang lebih efektif untuk membantu berhenti merokok? Varenicline atau bipropion?

Mengutip dari ncbi.nlm.nih.gov, meskipun varenicline memiliki tingkat penghentian merokok di semua titik kontrol lainnya lebih tinggi dibandingkan dengan bupropion, tidak ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara tingkat keberhasilan varenicline dan bupropion yang digunakan untuk membantu berhenti merokok. Dua obat ini memiliki fungsi yang sama serta efektivitas yang setara dalam membantu Anda untuk berhenti merokok.

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.