Pernahkah saat Anda sedang berkendara, tiba-tiba mobil yang ditumpangi mogok di tengah jalan? Peristiwa ini tentu saja kerap terjadi pada beberapa orang. Mobil mogok biasanya akan membuat kita panik, terlebih saat mobil mogok jauh dari keramaian atau sedang sendirian. Perhatikan penyebab mobil mogok berikut agar Anda bisa antisipasi.

Aki mobil soak

Tidak sedikit orang menganggap bahwa aki mobil yang rusak jadi biang mobil mogok tidak bisa distarter. Umumnya aki yang rusak akan mempengaruhi kinerja mobil jadi tak maksimal, mesin pun akan sulit dinyalakan walaupun sudah berkali-kali dicoba. Jadi, jangan sampai aki mobil kamu soak. Biar tidak terjadi sama kamu, yuk rutin cek kondisi aki mobil. Perlu kamu ketahui kalau aki rusak bisa mempengaruhi kinerja mesin dan bagian mobil lainnya.

Malfungsi alternator, bisa menyebabkan mobil mogok

Orang-orang biasa menyebut alternator sebagai dinamo ampere yang fungsi utamanya adalah memasok energi listrik dari aki mobil. Layaknya komponen mobil lainnya, dinamo ampere bisa rusak seiring berjalannya waktu. Efeknya mesin mobil bisa mati secara tiba-tiba kapan saja saat energi listrik yang didistribusikan hilang. Tenang saja, biar bisa mengantisipasi, ada beberapa penanda kerusakan alternator yaitu muncul bau karet terbakar, suara decitan mesin, lampu sorot yang redup, dan lampu indikator simbol baterai di aki yang menyala.

Overheat, penyebab mobil mogok mendadak terpopuler

Suhu udara yang cukup panas bisa membuat mesin mobil mengalami overheat hingga mogok. Ya, inilah salah satu efek karena kamu tinggal di daerah tropis yang panas. Hal itu bakal makin parah kalau kamu tidak rutin mengecek air radiator. Air radiator ini ibaratnya minuman. Kadar air radiator yang kurang dan bahkan habis akan menaikkan suhu panas pada mobil mengingat proses pendinginan tidak berjalan normal.

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *