Bisnis

Inilah Cara Tepat untuk Mengirim Paket Dari Luar Negeri ke Indonesia

Mengirim paket dari luar negeri seperti misalnya dari kirim barang dari Brunei Darusalam ke Indonesia sebetulnya cukup mudah, caranya hampir sama ketika anda mengirim paket menggunakan ekspedisi lokal.

Lalu, bagaimana sih cara mengirim paket dari luar negeri ke Indonesia untuk aktivitas impor. Berikut adalah caranya;
Apa Saja Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mengirim Paket Dari Luar Negeri ke Indonesia?

 

  1. Melakukan Transaksi

Kegiatan pengiriman barang importir umumnya dilakukan oleh para pengusaha yang melakukan kegiatan transaksi beli barang di luar negeri untuk dikirimkan ke Indonesia kemudian barang tersebut dijual di negara kita.

Untuk melakukan pengiriman barang impor, tentu saja anda harus sudah melakukan transaksi dengan pihak penjual barang. Baik transaksi secara pribadi ataupun melalui marketplace internasional.

Setelah transaksi tercapai barulah kemudian anda mencari jasa pengiriman dari luar negeri ke Indonesia, nantinya barang yang telah anda beli tersebut akan dikirimkan oleh pihak penjual pada kantor jasa pengiriman yang ada diluar negeri. Selanjutnya paket akan diteruskan ke alamat kita.

Untuk jasa pengiriman keluar negeri dan kedalam negeri anda bisa menggunakan kilo.id dengan mengunjungi websitenya secara langsung.

 

  1. Menggunakan Jasa Pengiriman

Setelah menemukan jasa kirim yang cocok anda bisa berkonsultasi dengan pihak jasa pengiriman tentang segala sesuatunya, termasuk harga dan anda juga harus meminta alamat kantor pengiriman mereka di luar negeri dan kode tertentu untuk dikirimkan pada pihak penjual.

Adapun, penghitungan barang yang dilakukan oleh pihak jasa pengiriman biasanya dilakukan berdasarkan data packing list yang ada. Anda bisa meminta data PL atau packing list tersebut pada pihak penjual untuk nantinya diserahkan pada pihak jasa pengiriman untuk dilakukan penghitungan ongkir barang.

 

  1. Komunikasi 3 Arah

Ketika melakukan aktivitas impor barang, anda diharuskan untuk melakukan komunikasi secara 3 arah, yakni dengan pihak penjual barang dan juga jasa pengiriman.Anda akan berkomunikasi dengan pihak penjual untuk mendiskusikan tentang harga, dokumen, pembayaran dan juga pengantaran paket ke jasa pengiriman yang kita pilih.Adapun, dengan pihak jasa pengiriman, anda harus mendiskusikan tentang paket yang akan anda kirimkan dan harus di terima di kantor jasa pengiriman mereka di luar negeri.

Untuk anda yang pemula, mungkin anda akan mengalami sedikit kesulitan karena ada beberapa istilah yang mungkin belum anda pahami. Maka dari itu, jika anda ingin melakukan pengiriman impor, disarankan untuk mengikuti kelas import atau bergabung dengan komunitas impor di daerah anda.

Ini diharapkan dapat memudahkan anda ketika melakukan pengiriman barang, dengan bergabung ke komunitas anda dapat bertanya dan melakukan konsultasi pada orang-orang yang sering melakukan impor barang. Apalagi jika misalnya anda memiliki kendala pengiriman, keberadaan mereka sangat penting untu memecahkan masalah anda.

Namun, tentu saja ini dilakukan ketika anda ingin melakukan pengiriman dalam jumlah besar. Untuk pengiriman dalam jumlah kecil dibawah 5 kilogram anda dapat menggunakan pengiriman ekspres melalui pesawat tanpa ribed dan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.