Gaya

Tips Agar Kaos Dapat Awet Bertahun-Tahun

Salah satu hal yang menyebalkan ketika memiliki kaos atau pakaian jenis apapun adalah warnanya yang cepat pudar ataupun cepat luntur. Ini tentu saja akan membuat anda boros jika uang gajian habis untuk membeli pakaian.

Untuk itu, sebetulnya ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar pakaian yang anda miliki dapat awet selama bertahun-tahun.

Lalu, apa saja sih tips untuk membuat warna dan sablon baju tidak mudah kusam, pudar dan tetap terlihat baru. Mari kita ulas dalam artikel singkat berikut ini.

Tips Menjaga Pakaian Tetap Awet

  1. Cuci Secara Perlahan

Pada beberapa jenis pakaian seperti misalnya kaos, anda harus mencucinya secara perlahan. Ketika anda menggunakan mesin cuci gunakanlah tenaga terendah untuk mencuci pakaian jenis tersebut.

Bagaimanapun, kotoran dalam kaos biasanya tidak terlalu banyak, berbeda dengan misalnya noda di celana. Maka dari itu jika kaos tidak terlalu kotor usahakan untuk mencucinya secara perlahan saja agar warna pakaian tidak cepat luntur.

  1. Pisahkan Kaos dengan Pakaian Lain

Ketika anda mencuci pakaian, anda seharusnya memisahkan pakaian-pakaian dengan noda ringan dan noda berat. Dengan seperti itu anda bisa mencuci secara perlahan pada pakaian bernoda ringan.

Selain itu, memisahkan kaos mancing dengan pakaian lain juga dilakukan untuk menghindari lunturan warna dari pakaian lain, terutama pakaian baru.

  1. Jangan Gunakan Hanger

Salah satu hal yang menyebalkan yang sering terjadi pada kaos adalah bagian kerah yang ndower. Ini biasanya disebabkan oleh penggunaan hanger ketika menjemur pakaian.

Untuk itu, jika memungkinkan taruh langsung kaos di tempat jemuran ataupun pagar. Usahakan untuk tidak menggunakan hanger agar bagian kerah tidak melar.

  1. Pakai Deterjen yang Sesuai

Hal yang harus dihindari tentu saja adalah pemakaian pemutih pada pakaian atau deterjen-deterjen yang bersifat pembersih noda keras.

Gunakan detergen secukupnya pada kaos dengan noda ringan. Dengan seperti itu pakaian akan tetap terjaga, awet dan tahan lama.

  1. Pilih Laundry Terbaik

Penyebab pakaian kaos warnanya mudah luntur adalah teknik cuci yang kurang tepat pada tempat laundry yang anda gunakan.

Tempat-tempat laundry biasanya menggunakan manajemen cuci yang berbeda antara tempat satu dengan lainnya. Ada yang menggunakan 1 costumer 1 mesin cuci, namun terkadang ada juga yang mencampurkan pakaian 1 costumer dengan costumer lain.

Pada kasus tertentu, terkadang laundry menggunakan tenaga mesin cuci maksimal ketika melakukan pencucian, tentu saja itu tidak bagus untuk kaos anda karena seperti yang disebutkan diawal bahwa penanganan untuk noda ringan sebaiknya dilakukan dengan ringan juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.