Tips

Trik Menyulap Teras jadi Ruang Tamu yang Nyaman

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan penting pada sebuah rumah. Pada banyak inspirasi rumah, ruang tamu umumnya terletak di dalam rumah atau lebih tepatnya di bagian paling depan sebuah rumah. Posisi ruang tamu yang harus berada di bagian paling depan rumah dikarenakan fungsinya untuk menerima kedatangan tamu.

Perkembangan tren desain rumah melahirkan gaya baru dalam menata ruang tamu. Tidak lagi di dalam rumah, ruang tamu di rumah masa kini bisa ditempatkan di teras. Dengan kata lain, ruang tamu tersebut terletak di bagian luar rumah yang lebih mudah dijangkau oleh tamu yang datang.

Tips Menciptakan Ruang Tamu di Teras Rumah

Menciptakan ruang tamu di teras bisa jadi solusi untuk rumah berukuran kecil. Dengan memiliki ruang tamu di bagian teras, maka ruang di bagian dalam rumah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Jadi rumah mungil akan tetap bisa punya banyak ruangan. Seperti inilah trik menyulap teras jadi ruang tamu yang nyaman.

  • Tentukan Konsepnya Terlebih Dahulu

Sebagaimana membangun rumah dan menata ruangan di dalamnya, menjadikan teras sebagai ruang tamu juga harus diawali dengan menentukan konsep. Untuk memudahkan dalam menentukan konsep, sesuaikan dengan eksterior rumah atau gaya bangunan. Misalnya teras dengan warna dominan putih untuk rumah bergaya modern minimalis.

  • Pastikan Terlindung dari Sinar Matahari

Karena berada di luar ruangan, ruang tamu di teras rumah sangat mungkin terpapar sinar matahari sepanjang hari. Sinar matahari yang panas bisa membuat momen bertamu jadi terasa kurang nyaman. Karena itu, pastikan memasang pelindung untuk ruang tamu di teras. Ada banyak pilihan pelindung seperti atap, dinding kayu atau material lainnya.

  • Pilih Furniture yang Cocok untuk Luar Ruangan

Memiliki ruang tamu di teras tentu tidak sama perawatannya dengan ruang tamu di dalam rumah. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan furniture yang harus cocok untuk outdoor. Pilih perabotan dari material yang lebih tahan cuaca panas maupun hujan agar tatanan ruang tamu di teras tetap terlihat bagus.

  • Hindari Ornamen yang Berlebihan

Desain ruang tamu yang cocok untuk di area teras adalah gaya yang sederhana. Hindari penggunaan ornamen yang berlebihan, misalnya lampu kristal gantung berukuran besar atau sofa bergaya klasik. Sebaliknya, pilih ornamen yang bergaya simpel seperti sofa dan meja minimalis, lampu gantung sederhana dan hiasan lain yang serasi.

  • Pakai Material yang Tahan Cuaca

Tampilan ruang tamu yang estetik tidak terwujud hanya dengan mengutamakan desainnya saja. Teras rumah juga perlu dibangun menggunakan material yang cocok untuk luar ruangan, mulai dari keramik, dinding hingga atap. Pastikan memilih material yang tahan dengan kondisi luar ruangan seperti perubahan cuaca dan paparan debu maupun sinar matahari.

  • Pikirkan tentang Penerangan

Berada di teras memungkinkan ruang tamu jadi lebih gelap di malam hari bahkan mungkin akan banyak nyamuk yang membuat suasana jadi kurang nyaman. Karena itu, pastikan ruang tamu di teras dilengkapi penerangan yang memadai. Penerangan juga bisa mencegah berkumpulnya nyamuk sehingga suasana ruang tamu tetap menyenangkan di malam hari.

Itulah sejumlah trik menjadikan teras sebagai ruang tamu. Satu lagi yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pemakaian material bangunan berkualitas dari SCG, mulai dari semen, beton instan hingga bata ringan.

SCG telah berkomitmen menjadi solusi untuk kebutuhan bahan bangunan ramah lingkungan dengan kualitas terbaik. SCG juga mengedepankan konsep go green untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Dapatkan informasi lengkap mengenai produk SCG dengan mengunjungi scgcbm.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *