Gaya

Tanaman Porang Semakin Menjanjikan, Bisa Untuk Apa Saja?

Tanaman porang semakin diminati karena harga jual yang tinggi di pasar ekspor. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya akan melakukan pembinaan kepada petani.

Tanaman porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah baik bagi perusahaan yang mengolah porang dan petani porang. Berdasarkan data yang diperoleh dan dilansir dari Kominfo, diketahui satu hektar lahan dapat menghasilkan 15-20 ton porang.

Pada musim pertama, petani bahkan dapat menghasilkan hingga Rp 40 juta dalam waktu delapan bulan. Presiden Joko Widodo mengatakan nilai ini terbilang besar dan memiliki pasar yang terbuka lebar. Tanaman porang dapat menjadi bahan baku kosmetik, obat-obatan, industri, dan menjadi makanan alternatif selain nasi. Selain itu, kebutuhan ekspor porang mencapai hingga 750 ton setiap tahun.

Tanaman ini utamanya dikirim ke Jepang dan Cina. Litbang Kementerian Pertanian Sulawesi Selatan juga mengatakan porang cenderung mudah ditanam. Selain dapat dijadikan berbagai bahan baku, porang juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.

Dilansir dari laman resmi IPB, Prof. Evy Damayanthi, dosen IPB University Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia, mengatakan tanaman porang adalah pangan fungsional untuk mengatasi penyakit, terutama diabetes dan jantung. Menurutnya, porang memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, dan alkaloid yang cukup tinggi.

Selain itu, porang berkaitan dengan komponen bioaktif pangan, fitokimia, atau nutrasetikal. Porang juga dapat membantu menurunkan kolesterol sehingga dapat menurunkan risiko pada penderita diabetes. Khasiat lain, kandungan dalam tanaman porang dapat meningkatkan penyerapan zat gizi pada usus kecil sehingga sensitivitas insulin meningkat. Selain itu, kadar gula darah juga menjadi lebih terkontrol.

Porang juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, porang menyerap gula dan lemak lebih rendah. Tanaman porang memiliki kandungan seperti glukomanan, asam oksalat, dan lain-lain yang dapat memberikan manfaat bagi kulit.

Campuran dari tepung porang dan bengkoang dapat meningkatkan kandungan vitamin C hingga dapat mencerahkan kulit wajah. Penggunaan tepung porang untuk kosmetik di Jepang dan Cina cukup tinggi. Evy sendiri mengatakan selain dapat mencerahkan wajah, porang juga dapat menghilangkan jerawat.

“Bagi industri kecantikan, campuran tepung porang dan bengkoang mampu meningkatkan kadar vitamin C sehingga dapat mencerahkan wajah. Selain itu, bisa menghilangkan jerawat dalam bentuk pembersih wajah,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.